Cara Memilih Motor Bermesin Cita Rasa MotoGP

KABARINDAH.COM –¬†Ingin merasakan nikmatnya mesin MotoGP, maka pakailah mesin langkah pendek (short stroke). Publik Otomotif, menyukai atau membenci mesin tertentu berdasarkan karakternya. Sekarang, mesin, di antara serangkaian banyak hal lainnya, mungkin merupakan komponen paling definitif yang mendefinisikan apa yang disebut karakter. Apakah sebuah motor adalah unit yang bersemangat di putaran tinggi, atau mesin malas dengan torsi awal yang sangat besar. Itu sangat bergantung pada arsitektur mesin.

Sementara menggabungkan 2, 4, 6 sampai 16 silinder dalam berbagai konfigurasi seperti sejajar, V, atau berlawanan secara horizontal, menciptakan karakter khusus dalam setiap kasus. Namun panjang langkah silinder itu sendiri merupakan aspek yang sangat penting dalam menentukan sifat motor. Di sini, di bagian ini, kita akan berbicara tentang mesin langkah panjang (longstroke seperti supra x 125) dan langkah pendek (shortstroke seperti thunder 125), dan bagaimana kedua konfigurasi tersebut mempengaruhi cc-nya.

Apa itu bore dan stroke? Sebelum kita masuk ke seluk beluk mesin stroke panjang dan pendek, pertama-tama kita perlu memahami konsep bore dan stroke dengan benar. Silinder mesin seperti gelas yang dibuat dengan baik yang dicetak dari balok logam, yang menghasilkan volume, kapasitas kubik, atau perpindahannya. Di sini, bore adalah diameter bukaan melingkar di ujungnya. Stroke, di sisi lain, adalah kedalaman gelas.

Jadi shortstroke ibarat gelas pendek dengan lingkaran besar. longstroke adalah gelas tinggi dengan lingkaran kecil.

Dalil Shortstroke:
-gelas cepat terisi karena mulutnya besar (bisa diisi uap bensin banyak)
-tapi gelas juga gampang tumpah (boros bensin).
-cairan akan cepat mencapai dasar gelas (gerakan mesin cepat)
Itulah mengapa mesin langkah pendek dipilih untuk balap.

Dalil Longstroke
-Semua berkebalikan dengan short stroke
Itulah mengapa dibuat untuk irit dan kerja berat.

Namun ada juga pabrik mobil hypercar yang berusaha mengubah mesin longstroke bersifat shortroke. Dengan memkai turbo dan logam super licin. Tujuannya biar ngebut, kuat, dan irit sama-sama dapat.

Intinya dengan memilih jenis mesin ini akan merasakan sensasi yang sama dengan MotoGP. Berikut daftar motor shortstroke dan longstroke di Indonesia yang harganya terjangkau untuk anak muda.

Shortstroke yakni shogun 110, thunder 125, kaze r 110, RX King 135, Satria FU, Satria FI, GSXR150, Edge 110, CBR150 tipe old karburator, CBR 150 lampu segitiga, CB150SF generasi pertama, CS1, FXR 150, Sonic 125.
Longstroke yakni Supra X 125 dan Karisma 125, Jupiter MX dan Vixion Series, Thunder 250, seri Pulsar. (yy)